THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 19 Juni 2009

Masalah ConCurancy Dalam Pemesanan Pesawat Pada WK Dan MK Tour


Concurency merupakan suatu masalah yang ada didalam DBMS (Database Management System)
Dalam Penulisan saya kali ini akan membahas tentang macam – macam masalah yang disebabkan oleh suatu Concurancy dalam suatu kasus pemesanan kursi pesawat pada suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang travel, yaitu WK-Tour dan MK-Tour.
Berikut Penguraiannya :


1. Masalah Kehilangan Modifikasi (Lost Update Problem)










Dari Tabel diatas dapat dijelaskan bahwa, dalam suatu waktu Wwk-Tour ingin memesan kursi pesawat kelas VIP untuk 3 orang yaitu A1-A3, tetapi MK-Tour juga ingin memesan kursi pesawat VIP sebayak 3 orang pada kursi A2-A4.
Dari uraian diatas terdapat suatu masalah bahwa tedapat kursi yang sama yang ingin dipesan oleh kedua travel tersebut, yaitu kursi A2 dan A3, sehingga mengakibatkan ketidakbenaran data pesanan. Masalah seperti ini dinamakan dengan masalah Kehilangan Modifikasi, yaitu masalah yang timbul jika
dua transaksi mengakses item database yang sama, yang dapat mengakibatkan nilai dari database tersebut tidak benar.

2. Masalah Modifikasi Sementara (Uncommited Update Problem)














Dalam Contoh Modifikasi Sementara ini, bahwa WK-Tour terlebih dahulu melakukan pemesanan kursi A5-A10 dari bangku yang tersedia yaitu A5-A15. Sedangkan pada saat MK-Tour ingin memesan, ia sudah mengetahui bahwa WK-Tour sudah terlebih dahulu memesan kursi A5-A10. Jadi, MK-Tour hanya dapat memesan dari sisa kursi yang tersedia yaitu A11-A15 dan semua kursi itu dipesan oleh MK-Tour. Namun ternyata terjadi suatu transaksi selanjutnya bahwa WK-Tour ingin merubah nomor kursi yang dipesan, atau mungkin membatalkan transaksi pemesanan kursi tersebut. Hal seperti ini disebut RoolBack, yaitu suatu yang telah selesai dikerjakan tetapi kemudian dibatalkan.

3. Masalah Analisa Yang Tidak Konsisten (Problem Of Inconsitensi Analisa)
















Dalam contoh Masalah Analisa Yang Tidak Konsisten diatas, dapat dijelaskan bahwa pada waktu 1(T1) WK-Tour membaca jumlah kursi yang tersedia untuk tiap kelasnya, sedangkan MK-tour tidak membaca, kemudian pada waktu ke2(T2) WK-Tour langsung memesan bangku untuk kelas A, yaitu (A5-A10). Sedangkan MK-Tour membaca dulu kursi yang tersedia dan seterusnya memesan kursi A15-A20 pada waktu ke3(T3) wk-Tour memesan kursi untuk kelas B, yaitu B10-B20,sedangkan MK-Tour memesan kursi kelas C yaitu C20-C22 dan MK-Tour langsung menCommite transaksinya (perintah yang telah dilaksanakan dengan selesai).


Sedangkan WK-Tour masih bertransaksi pada waktu ke 4(T4) yaitu memesan kelas C, namun demikian terjadi suatu kondisi bahwa, sebelumnya WK-Tour ingin memesan bangku untuk kelas C, yaitu C20-C24, namun ternyata pada saat WK-Tour bertransaksi pada waktu ke-3(T3), saat pesan B, ternyata MK-Tour sudah memesan kursi untuk kelas C, yaitu C20-C22. Jadi pada saat T4, WK-Tour hanya dapat memesan kursi yang masih tersedia, yaitu C23-C24.

Masalah seperti ini disebut Analisa Yang Tidak Konsisten, yaitu masalah yang timbul jika sebuah transaksi membaca suatu nilai, tetapi transaksi yang kedua mengupdate

beberapa nilai tersebut selama eksekusi transaksi pertama.


Demikian adalah penguraian yang dapat saya jelaskan mengenai masalah- masalah yang terjadi dalam Concurancy pada pemesanan kursi pesawat, pada travel wK-Tour dan MK-Tour.























0 komentar: